Selasa, 15 Mei 2018

Kenali Penyebab Jerawat Berdasarkan Letaknya

Nah, ternyata tak semua jerawat sama, ada yang disertai dengan whiteheads dan ada juga yang cenderung menimbulkan peradangan karena terjadi di bawah permukaan kulit. Tak hanya itu, jenis jerawat di wajah juga berbeda-beda, tergantung dengan letaknya. Nah, supaya bisa menghilangkannya dengan cepat, Anda harus tahu dulu penyebab dari jerawat di wajah. Simak ulasan berikut untuk mengetahui penyebab jerawat di wajah berdasarkan posisinya supaya lebih mudah diatasi. Berikut area wajah yang sering ditumbuhi jerawat :


Area Pipi

Sebenarnya jerawat di bagian ini bisa muncul karena banyak hal, bakteri bisa menempel di mana saja, termasuk di tangan, sarung bantal, ponsel, atau kain kerudung. Misalnya sarung bantal yang tidak bersih, ponsel yang kotor, kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, atau bahkan karena keringat yang menumpuk di balik hijab. Jadi, intinya jaga kebersihan barang-barang yang Anda gunakan, apalagi yang akan dipakai mengenai area wajah.

Area Dahi dan Hidung ( T-Zone )

Jerawat yang muncul pada area ini biasanya disebabkan oleh keadaan kulit berminyak dan stres yang dapat mengakibatkan kurangnya tidur Anda. Hal itu lah yang sebenarnya sangat berdampak pada perkembangan jerawat. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Swedia, membandingkan foto dari kelompok orang yang tidurnya cukup – tidur minimal 7 jam dalam semalam – dengan kelompok orang yang hanya tidur 3-5 jam semalam. Dari foto yang dilakukan tersebut, kelompok orang yang tidur dengan waktu yang cukup memang lebih segar, sehat, dan tidak loyo. Dari penelitian tersebut beberapa peneliti menyatakan bahwa kurang tidur dapat mengubah penampakan wajah Anda

Area Dagu

Dilansir dari Health Line, diet juga memengaruhi kadar hormon sehingga bisa saja menyebabkan jerawat. Tumbuhnya jerawat di area ini biasanya disebabkan oleh kadar hormon yang naik dan turun. Jerawat akibat hormon yang tidak stabil biasanya terjadi akibat kelebihan androgen sehingga kelenjar minyak memproduksi minyak berlebihan dan akhirnya menyumbat pori-pori. Kondisi ini kerap kali dialami oleh kaum wanita menjelang menstruasi.

Area Pelipis dan Dahi

Sebagian besar pria yang menggunakan minyak rambut, cenderung memiliki jenis jerawat ini. Walaupun tidak menutup kemungkinnan bahwa ada juga wanita yang memiliki jerawat membandel di area ini.

Biasanya untuk kaum pria minyak rambut bisa menghalangi minyak alami (sebum) yang dikeluarkan dari pori-pori. Akhirnya, penyumbatan terjadi dan muncul jerawat. Nah untuk para wanita jerawat ini biasanya disebabkan karena tidak terlalu bersih membilas sisa-sisa sabun pembersih wajah di area tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Mencerahkan Wajah Meskipun Tanpa MakeUp

Saya yakin banyak wanita yang sebenarnya senang tidak menggunakan make up dan tampi segar apa adanya setiap harinya. Akan tetapi dikarnakan ...