Sabtu, 19 Mei 2018

Tips Mengatasi Rambut Rontok Khusus Wanita

Menggunakan jilbab sudah menjadi keharusan untuk setiap wanita muslim di seluruh dunia dan untungnya, sekarang ini banyak wanita muslim yang sudah mulai menyadari kewajiban mengenakan jilbab tersebut.

Akan tetapi, ada masalah baru yang ditimbulkan bagi wanita yang mengenakan jilbab yakni rambut rontok, berketombe dan juga lembab sehingga membutuhkan perawatan khusus. Perawatan yang dibutuhkan untuk para wanita muslim berjilbab tentunya berbeda dengan wanita lain yang tidak berjilbab.



Salah satu masalah yang sering dikeluhkan wanita berjilbab adalah rambut rontok yang bisa terjadi karena keadaan kepala menjadi lebih lembab karena tertutup. Selain karena masalah kelembaban, masih ada beberapa faktor lain yang menjadi penyebab rambut rontok pada wanita berjilbab dan akan kami ulas selengkapnya pada kesempatan kali ini.

Penyebab Rambut Rontok

Ada banyak faktor penyebab rambut rontok, antara lain menggunakan sampo yang tidak cocok, mengikat rambut terlalu lama, atau langsung memakai jilbab setelah keramas tanpa mengeringkannya terlebih dahulu. Selain itu, rambut rontok bisa disebabkan oleh stres, merokok, gizi tidak seimbang, faktor hormonal, dan penyakit turun-temurun. Dokter tidak bisa menyebutkan hal pasti apa yang menyebabkan rambut rontok.

Namun, Anda dapat memiliki cara perawatan rambut rontok berjilbab Anda sendiri dengan mengikuti pola hidup yang sehat, seperti tips dibawah ini
  • Keramas secara teratur. Gunakan sampo yang sesuai dengan rambut Anda. Banyak sampo beredar untuk wanita berjilbab. Pastikan Anda juga menggunakan conditioner setiap habis keramas untuk membuat rambut Anda lemas dan lembut.
  • Gunakan vitamin cream bath atau hair tonic. Menggunakan suplemen rambut seperti krim atau hair tonic dua minggu sekali untuk menjaga kualitas rambut. Anda dapat mendatangi salon terdekat yang menyediakan penanganan rambut atau Anda dapat merawat rambut cukup di rumah Anda.
  • Biasakan menyisir rambut sebelum dan sesudah memakai jilbab. Menyisir membantu memperlancar peredaran darah sehingga rambut Anda dapat tergerai dengan baik tanpa khawatir rontok kembali.
  • Jangan terlalu kencang mengikat rambut. Gunakan pita rambut yang berlapis kain agar kulit kepala Anda tidak terlalu tegang. Anda juga bisa mengikat rambut dengan melonggarkan ikatan agar kulit kepala Anda tidak terlalu mendapat banyak tekanan. Selain itu, hindari penggunaan klem besi untuk menjepit rambut karena itu menyebabkan Anda mengalami sakit kepala.
  • Jangan berjilbab saat rambut masih basah. Pastikan rambut Anda sudah kering total agar tidak menyebabkan rontok, ketombe, dan bau tak sedap. Gunakan pengering rambut atau sejenisnya yang dapat membantu mengeringkan rambut Anda. Dengan begitu, rambut Anda tidak mengalam kerontokan.
  • Hindari menggunakan jilbab berwarna hitam. Warna gelap menyerap panas. Gunakan kerudung berwarna lain atau berbahan yang nyaman agar kulit kepala Anda terbantu dan memperlancar sirkulasi darah di kulit kepala. Dengan demikian, rambut Anda tidak mengalami kerontokan.
Jagalah selalu kesahatan rambut dan kulit kepala anda, hindari menggunakan benda bekas orang yang mengalami gangguan kutu dikepala seperti topi, aksesoris rambut, sisir dan hijab. Jika anda sudah terlanjur tertular maka pelajari Cara hilangkan kutu rambut untuk mengobatinya. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Mencerahkan Wajah Meskipun Tanpa MakeUp

Saya yakin banyak wanita yang sebenarnya senang tidak menggunakan make up dan tampi segar apa adanya setiap harinya. Akan tetapi dikarnakan ...